RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas X Peminatan SMA / MA - Sahabat Sekalian, pada kesempatan kali ini akan share artikel mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP yang sesuai dengan Kurikulum 2013 Versi Revisi Pemen 59 Tahun 2014. Yup Pada tahun pelajaran gres 2017 – 2018, seluruh sekolah tanpa terkecuali sudah menerapkan kurikulum gres atau kurikulum 2013, dimana dalam kurikulum 2013 ini ada 5 M, mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi. Berikut ini RPP Kurikulum 2013 untuk Jenjang Pendidikan SMA / MA Kelas X Mata pelajaran Sejarah Peminatan atau untuk Peminatan Ilmu Ilmu Sosial (IIS) tahun pelajaran 2017 – 2018.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
- Satuan Pendidikan: SMA Negeri 1 RPPLengkap.Com
- Kelas/ Semester: X/ Ganjil
- Mata pelajaran: Sejarah Peminatan
- Materi Pokok: Manusia dan Sejarah
- Pertemuan ke-: 1 dan 2
- Alokasi Waktu: 6 x 45 menit
A.Kompetensi Inti :
- Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya
- Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
- Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.Kompetensi dasar
- 1.1Menghayati proses kelahiran insan Indonesia dengan rasa bersyukur
- 1.2Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan aliran agamanya.
- 2.1Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap banyak sekali hasil budaya zaman praaksara, Hindu-Buddha dan Islam.
- 2.2Meneladani sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi persoalan sosial dan lingkungannya
- 2.3Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
- 3.1Menganalisis keterkaitan konsep insan hidup dalam ruang dan waktu
- 3.2Menganalisis konsep insan hidup dalam perubahan dan keberlanjutan
- 3.3Menganalisis keterkaitan peristiwa sejarah wacana insan di masa lalu untuk kehidupan masa kini
- 4.1Menyajikan hasil kajian wacana konsep insan hidup dalam ruang dan waktu, dalam banyak sekali bentuk komunikasi.
- 4.2Menyajikan hasil telaah wacana konsep bahwa insan hidup dalam perubahan dan keberlanjutan, dalam banyak sekali bentuk komunikasi.
- 4.3Membuat goresan pena wacana hasil kajian mengenai keterkaitan kehidupan masa lalu untuk kehidupan masa kini.
C.Indikator Pencapaian Kompetensi
- 3.1.1Menganalisis pengertian sejarah
- 3.1.2Menganalisis pengeMenjelaskan kekerabatan tiga dimensi sejarah masa lalu, masa sekarang, masa yang akan dating
- 3.1.3Menyajikan hasil analisis dalam bentuk goresan pena wacana konsep insan hidup dalam ruang dan waktu, dalam banyak sekali bentuk komunikasi
- 3.1.4Menganalisis tujuan dan manfaat sejarah
D. Tujuan Pembelajaran
- Menganalisis pengertian sejarah
- Menganalisis pengeMenjelaskan kekerabatan tiga dimensi sejarah masa lalu, masa sekarang, masa yang akan datang
- Menyajikan hasil analisis dalam bentuk goresan pena wacana konsep insan hidup dalam ruang dan waktu, dalam banyak sekali bentuk komunikasi
- Menganalisis tujuan dan manfaat sejarah
E. Materi Ajar
- Manusia hidup dan berkreativitas dalam ruang dan waktu
- Manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan
F. Metode
- Pendekatan : Scientifict learning
- Strategi/model: cooperative learning/problem based learning
- Metode: Diskusi kelompok, group investigation, ceramah, penugasan
G.Kegiatan Pembelajaran
No | Kegiatan | Deskripsi | Alokasi Waktu |
---|---|---|---|
1 | Pendahuluan | Memberi Salam Guru memeriksa kesiapan daerah pembelajaran (kebersihan dan kenyamanan) serta mengecek presensi siswa Mempersilakan salah satu penerima didik memimpin doa ( Jika jam pertama) Absensi siswa Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang harus dikuasai penerima didik melalui power point | 15 Menit |
2 | Inti | •Mengamati, Peserta didik mengamati materi insan dan sejarah dibuku teks •Menanya, untuk menerima klarifikasi dan pendalaman pemahaman wacana insan dan sejarah, penerima didik bertanya melalui diskusi di kelas •Mengeksplorasi, mengumpulkan isu dan dan data terkait dengan pertanyaan mengenai insan dan sejarah dari sumber tertulis atau internet serta sumber lainnya dengan pertanyaan yang diajukan •Mengasosiasi, menganalisis isu dan data yang didapat mengenai materi insan dan sejarah •Mengkomunikasi,
| 100 Menit |
3 | Penutup | Peserta didik diberikan ulasan singkat wacana acara pembelajaran dan hasil belajarnya Peserta didik dimotivasi untuk menanyakan yang belum jelas. Peserta didik diberikan pertanyaan secara lisan. Peserta didik membuat kesimpulan materi yang gres dibahas Guru memperlihatkan isu wacana materi yang akan dibahas ahad depan dan mengingatkan penerima didik untuk mempelajari materi dulu dirumah sebagai tugas Guru mengakhiri pelajaran dengan salam. | 15 Menit |
1. Buku sumber Sejarah SMA Klas X
- Modul Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud 2013
- Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Sejarah Indonesia, Jakarta: Kemendikbud
- Ratna Hapsari & M.Adil, 2013, Sejarah, Jakarta: Penerbit Erlangga
Kartu pertanyaan
H. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.Teknik : Tes dan Non tes
2.Bentuk : Uraian dan tugas
3.Instrumen (Tes dan Non tes)
a.Tes uraian:
Anda Ingin RPP Lengkap Sejarah Peminatan Kelas X Tingkat SMA / MA ??? (Semester Ganjil dan Semester Genap Tahun 2017 – 2018) Silahkan Pesan RPP Lengkap Kami, cara pemesanannya kunjungi:
Demikianlah artikel mengenai RPP Kurikulum 2013 Sejarah Peminatan Kelas X IIS Tahun 2017 - 2018 agar artikel ini dapat memebrikan isu yang bermanfaat bagi kita semua.[ki]
Sumber http://www.katailmu.com
0 komentar:
Posting Komentar